Alternatif Obat Sakit Telinga Alami yang Bisa kita Temukan di Rumah

Sakit telinga dapat disebabkan oleh sekian banyak  hal laksana infeksi, alergi, dan respon terhadap unsur tubuh beda yang merasakan peradangan. Meskipun tidak tidak jarang kali menandakan situasi serius, sakit telinga paling mengganggu bahkan tak jarang menciptakan Anda susah untuk beraktivitas dan beristirahat dengan nyaman. Sebelum menyimpulkan untuk pergi ke dokter, Anda dapat mengatasinya dengan sekian banyak  cara alami. Berikut sekian banyak  obat sakit telinga alami yang dapat ditemukan di rumah.

Berbagai obat sakit telinga alami

Berikut ini sekian banyak  pilihan penyembuhan alami yang dapat Anda kerjakan untuk menanggulangi sakit telinga, di antaranya:

1. Kompres panas atau dingin

Meletakkan handuk yang telah diairi air panas dapat menolong mengurangi peradangan dan rasa sakit di telinga. Anda dapat menaruh handuk yang sudah dicelupkan dalam air panas pada telinga selama tidak cukup lebih 20 menit.

Di samping terapi panas, kita juga dapat mencoba kompres dingin untuk menanggulangi sakit telinga. Mencelupkan handuk ke dalam air dingin dan lantas meletakkannya di telinga dapat menjadi salah satu teknik yang lumayan efektif guna meredakan sakit. kita juga dapat membungkus es batu dengan memakai handuk dan menempelkannya di darah selama bawa telinga selama tidak cukup lebih 20 menit.

2. Pemijatan

Jika rasa sakit hadir dari selama rahang gigi atau sebagai dampak dari sakit kepala sebab tegang, maka Anda dapat memijat otot-otot di dekat area yang terasa sakit. Misalnya, andai Anda menikmati sakit telinga unsur belakang usahakanlah untuk memijat otot rahang dan pun leher. Pemijatan pun dapat menolong mengatasi rasa sakit dampak infeksi telinga.

Mulailah memijat dari belakang telinga sampai bawah leher, dengan gerakan dari atas ke bawah. Setelah itu, usahakanlah untuk memijat ke unsur depan telinga. Hal ini dilaksanakan untuk menyalurkan cairan berlebih dari telinga yang mengakibatkan rasa sakit yang semakin menjadi-jadi.

3. Meregangkan leher

Beberapa sakit telinga diakibatkan karena adanya desakan di lubang atau drainase telinga. Melakukan sekian banyak  peregangan pada leher dapat dipakai untuk meredakan desakan ini. Anda dapat melakukannya dengan cara:
  • Duduk tegak dengan kedua kaki menyentuh tanah.
  • Putar leher perlahan dari kanan ke kiri dan sebaliknya.
  • Angkat bahu tinggi-tinggi seakan Anda mengupayakan menutup telinga dengan bahu.
  • Lakukan masing-masing bangun istirahat dan ketika telinga terasa sakit.

4. Buat ramuan bawang putih

Brandon Hopkins, MD, seorang berpengalaman dari The Cleveland Clinic menuliskan meskipun belum terdapat bukti ilmiah mengenai keampuhan bawang putih untuk menanggulangi sakit telinga, tetapi teknik ini dapat Anda coba.

Pasalnya, bawang putih telah dipakai sebagai obat tradisional guna menghilangkan rasa sakit semenjak berabad-abad yang lalu. Penelitian mengindikasikan bahwa bawang putih mempunyai sifat antibiotik dan antimikroba yang dapat menolong melawan infeksi.

Anda dapat mengolah bawang putih sebagai obat tetes telinga. Caranya dengan merendam bawang putih yang sudah dihancurkan ke dalam minyak zaitun atau minyak wijen hangat. Setelah disaring, ambil minyak dan oleskan ke dalam lubang atau drainase telinga.

5. Menggunakan minyak tea tree dan zaitun

Minyak tea tree berisi serangkaian senyawa antijamur, antiseptik, antiradang, dan antibakteri yang baik dipakai sebagai obat sakit telinga alami. Sehingga minyak yang satu ini dapat Anda pakai sebagai obat tetes untuk meminimalisir rasa sakit dan tidak nyaman pada telinga Anda.

Untuk menghindari risiko alergi, Anda dapat mencampurkan minyak tea tree dengan minyak zaitun hangat sebelum diteteskan pada telinga. Berdasarkan keterangan dari American Academy of Pediatrics, meskipun belum terdapat bukti ilmiah namun minyak zaitun dapat digunakan lumayan efektif untuk menanggulangi sakit telinga.

Lalu, kapan saya butuh pergi ke dokter?

Tidak seluruh perawatan rumahan dan obat telinga alami dapat meredakan sakit telinga. Anda butuh segera cek ke dokter bila:
  • Telinga menerbitkan cairan nanah atau bahkan darah.
  • Mengalami demam tinggi, sakit kepala, atau pusing.
  • Merasa terdapat yang mengganjal di telinga.
  • Adanya pembengkakan di belakang telinga, terutama andai salah satu sisi wajah kita terasa lemah dan susah digerakkan otot-otonya.
  • Sakit telinga semakin memburuk bahkan sampai kehilangan pendengaran sementara.
  • Gejala tidak membaik dan semakin memburuk lebih dari dua hari.
  • Berbagai perawatan rumahan ini dapat Anda jadikan pilihan tambahan selain penyembuhan dari dokter. Namun, pastikan guna berkonsultasi terlebih dahulu guna menghindari efek samping yang barangkali terjadi.

Belum ada Komentar untuk "Alternatif Obat Sakit Telinga Alami yang Bisa kita Temukan di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel