Ingin Mukena Tetap Awet? Ikuti 5 Langkah Ini


Solat lima waktu menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim. Bagi wanita, mukena menjadi salah satu pakaian yang berfungsi untuk menutup aurat secara keseluruhan. Oleh karena itu, wanita yang berpergian keluar diwajibkan membawa mukena jika tidak berpenampilan syar’I agar bisa dengan mudah melaksanakan solat lima waktu. Jika mukena di rumah sudah tidak layak pakai, kamu bisa membeli mukena terbaru yang kini banyak dijual di pasaran. 

Karena solat dilakukan setiap hari, mukena yang digunakan tentu akan lebih sering kotor dan bau. Kondisi seperti itu tentu akan mengganggu indra penciuman, sehingga beribadah pun menjadi kurang khusyu. Selain itu, pada mukena kotor juga terdapat berbagai jenis bakteri yang bisa membuat kulit kamu gatal-gatal bahkan iritasi. Kondisi seperti ini umumnya banyak dijumpai di mushola umum, yang mana mukena digunakan oleh banyak orang. 

Oleh karena itu, jangan sampai mukena yang kamu miliki memiliki kondisi yang mengkhawatirkan. Mukena yang kotor bisa menjadi tidak layak pakai, sehingga mau tidak mau kamu harus mengeluarkan uang untuk membeli mukena terbaru. 

Merawat Mukena Agar Awet 

Di bawah ini merupakan beberapa tips ampuh untuk merawat mukena agar tetap awet. Simak ulasannya sampai habis, ya! 

1. Tidak menggunakan mukena saat wajah atau rambut basah 

Pertama-tama, hindari menggunakan mukena saat wajah masih dalam kondisi basah. Jamur akan lebih mudah tumbuh pada bagian yang lembab, sehingga mukena menjadi bau dan kotor. Untuk mengatasinya, kengeringkan rambut dan sekitar wajah terlebih dahulu dengan menggunakan tissue atau sapu tangan. 

2. Tidak menunda mencuci mukena 

Mencuci mukena tentu harus dilakukan secara rutin. Menunda untuk mencuci mukena yang sudah kotor dan bau hanya akan membuat kotoran menempel lebih lama, sehingga mukena sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, sebaiknya cuci mukena jika sudah kotor atau minimal satu bulan sekali agar kamu bisa lebih khusyu saat melaksanakan solat lima waktu. 

3. Menggunakan pelicin pakaian 

Saat menyetrika mukena, disarankan untuk menggunakan pelicin agar tidak mudah terkena jamur. Selain terhindar dari parasit tersebut, mukena juga menjadi lebih lembut dan wangi. Beberapa pelicin umumnya mengandung anti jamur dan bakteri, sehingga kamu sudah melakukan langkah yang tepat. Pastikan juga kandungannya aman dan tidak merusak bahan mukena, ya! 

4. Menyimpannya di tempat yang sejuk 

Agar mukena lebih awet, sebaiknya kamu memperhatikan juga tempat penyimpanannya. Oleh karena itu, simpan mukena di tempat yang sejuk agar terhindar dari jamur. Sebisa mungkin, hindari menyimpan mukena di dalam lemari atau tempat lainnya yang terkena sorotan sinar matahari langsung. Hal tersebut hanya akan membuat mukena menjadi lembab dan jamur bisa lebih mudah tumbuh. 

5. Mencucinya dengan air dingin 

Bahan yang digunakan untuk membuat mukena umumnya terbuat dari katun. Bahan yang satu ini sangat rentan terkena jamur dibandingkan dengan bahan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya mukena dicuci menggunakan air dingin saja. Setelah itu, segera keringkan di bawah sinar matahari langsung. 

Itulah lima tips agar mukena kamu tetap awet. Di Blibli.com, kamu bisa mendapatkan mukena terbaru dengan berbagai model yang cantik dan kekinian. Kamu tidak perlu khawatir karena harganya sangat bersahabat dan tidak akan membuat dompet jebol! Selain itu, dapatkan juga promo menarik dari Blibli.com untuk setiap pembelian mukena cantik. Yuk, belanja sekarang juga! 

Belum ada Komentar untuk "Ingin Mukena Tetap Awet? Ikuti 5 Langkah Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel