Cara Memasang Perban di Luka yang Tepat


Cara membalutluka serius merupakan bagian yang sangat penting dalam pertolongan pertama dan yang harus dilakukan sesegera mungkin. Anda tidak pernah tahu kapan Anda atau orang yang Anda sayangi terluka dan memerlukan pertolongan pertama. Jika luka dalam yang mengalami pendarahan hebat harus memperoleh pertolongan medis segera, sebagian besar luka dan luka gores kecil dapat diatasi dan diperban di rumah. Sesudah Anda berhasil menghentikan pendarahan dan membersihkan luka, membalut luka dengan perban sebenarnya cukup mudah dilakukan. 

1. Ketahui Saatnya Luka Harus Memperoleh Pertolongan Medis Segera 

Jika sebagian besar luka minor dapat diatasi dengan memasang plester luka, dan sebagian besar luka sedang di permukaan kulit dapat dibalut dengan perban dan plester medis, beberapa kasus luka berat mungkin terlalu serius buat ditangani di rumah. Misalnya, luka kulit yang disertai dengan patah tulang harus memperoleh perawatan medis segera, begitu pula luka berat di pembuluh darah yang tidak berhenti mengeluarkan darah. Luka di lengan dan kaki yang mengakibatkan mati rasa dan hilangnya sensasi indra peraba di bagian bawahnya juga harus memperoleh pertolongan medis segera. 

2. Kendalikan Pendarahan 

Sebelum Anda membersihkan dan membalut luka, cobalah buat mengendalikan aliran darah yang keluar. Gunakan perban bersih (atau kain bersih apa saja yang dapat menyerap) buat menekan lembut bagian atas luka buat mengendalikan pendarahan dan merawat luka. 

3. Keluarkan Benda yang Ada di Dalam Luka 

Jika ada tanah, kaca, atau benda lain yang melekat di luka, cobalah buat mengeluarkannya dengan penjepit. Bersihkan penjepit dengan alkohol medis terlebih dahulu buat membantu mencegah perpindahan bakteri dan mikrobia lainnya. Berusahalah buat tidak menekan penjepit masuk ke dalam luka dan lepaskan atau singkirkan pakaian dari luka. Supaya luka lebih mudah ditangani, sesudah pendarahan berhasil dihentikan, lepaskan pakaian dan perhiasan dari permukaannya. 

4. Jika Anda tidak Bisa Mengendalikan Pendarahan 

buatlah torniket dari sobekan pakaian atau ikat pinggang buat menekan pembuluh arteri di atas luka. Namun, torniket sebaiknya hanya digunakan di situasi yang mengancam nyawa dan dalam waktu singkat karena jaringan tubuh akan mulai mati dalam beberapa jam jika tidak memperoleh aliran darah. 

Itulah penjelasan mengenai cara membalut luka yang tepat yang perlu kalian coba dan terapkan, semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasang Perban di Luka yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel