Panduan Mudah Merawat Luka di Rumah Pasca Operasi

Panduan-Mudah-Merawat-Luka-di-Rumah-Pasca-Operasi

Jahitan, perban dan penutup luka lainnya itu sangat familiar sekali bagi mereka yang baru saja menjalankan operasi. Jika sudah seperti itu, pasti banyak sekali pertanyaan muncul seperti apa cara merawat saat dirumah, kapan bisa dilepas dan beberapa pertanyaan lainnya. Kebingungan yang terjadi itu sangat wajar sekali, apalagi baru pertama kali mengalami hal tersebut. Tetapi jangan khawatir, karena dokter ataupun pihak medis pasti akan memberikan panduan perawatan luka bekas operasi seperti apa saja. Tentunya dari mulai yang ringan dalam keseharian sampai dengan jangka panjang untuk membebaskan kulit dari bekas tersebut. 

Jika masih dirumah sakit, pasti orang yang setelah operasi tidak pernah terfikir seperti apa perawatannya. Karena hal tersebut sudah langsung diserahkan oleh pihak medis yang masih bertanggung jawab penuh. Setelah pulang, tentu saja perlu perawatan sendiri dengan pengetahuan dasar. Seperti pada saat pemberian obat luka bakar parah ataupun cara menghilangkan bekasnya, pasca operasi juga perlu untuk beberapa langkah rutin seperti: 

1. Perhatikan penggantian perban. 

Tidak ada salahnya ketika masih berada dirumah sakit Anda memperhatikan cara mengganti perban dari para perawat, tentu sambil tanya seperti apa yang tepat. Hal ini tentu dilihat dari jenis luka yang ada pada tubuh Anda. 

2. Pastikan luka bersih. 

Anda harus tetap menjaga dan merawat luka setelah operasi sampai dengan semula, pastikan bersih supaya tidak terhindar dari infeksi. Jangan lupa untuk daerah sekeliling luka saja, tetapi juga beberapa bagian lainnya didalam luka tersebut harus bersih. 

3. Perhatikan perkembangan. 

Lalu selalu memperhatikan luka bekas operasi juga penting, jangan sampai Anda mengalami kesalahan akibat kurang pahamnya tanda yang muncul. Misalnya saja ternyata terjadi pendarahan, adanya bercak dari luka dan lainnya. 

Dari pemaparan diatas, bukan tidak mungkin luka yang terjadi pada Anda bisa saja terbuka selama perawatan. Ini perlu untuk diwaspadai supaya tidak membuat luka baru seperti munculnya iritasi, infeksi ataupun yang lainnya. Untuk menjaga hal tersebut, Anda bisa hindari mengangkat beban berat, kurangi paparan matahari, hindari aktivitas lain yang dapat menyebabkan infeksi. 

Belum ada Komentar untuk "Panduan Mudah Merawat Luka di Rumah Pasca Operasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel