Bolehkah Minum Obat Pilek Dua Butir Sekaligus Agar Cepat Sembuh


Meski tergolong masalah kesehatan yang ringan, tidak terdapat yang inginkan kena pilek dan flu. Kondisi ini menciptakan Anda tidak nyaman dan malas beraktivitas. Kalau telah begini, jadwal minum obat pilek mesti tepat masa-masa dan jangan terlewatkan. Namun, boleh tidak, ya, langsung mengonsumsi obat pilek 2 butir demi mempercepat penyembuhannya?

Apa saja jenis obat pilek yang biasa diminum?

Ada sekian banyak pilihan obat pilek yang terdapat secara bebas di apotek, maupun yang mesti ditebus lebih dulu dengan resep dokter. Mulai dari dekongestan, antihistamin, paracetamol (acethaminophen), pseudoephedrine, ibuprofen, sampai non-steroid antiinflamasi (NSAID).

Berbagai macam obat pilek itu memiliki faedah dan teknik kerja setiap dalam melawan penyebab flu pada tubuh. Ambil contoh, andai pilek yang kita alami diiringi oleh bersin terus-terusan sebab alergi, minum obat pilek dengan kandungan antihistamin dapat menolong meredakan situasi Anda.

Sementara andai pilek datang bersamaan dengan demam dan sakit kepala, seringkali Anda akan disarankan untuk minum paracetamol atau ibuprofen untuk mempercepat proses penyembuhan. Singkatnya, pemilihan obat guna menyembuhkan pilek tidak dapat sembarangan, tetapi harus tetap dicocokkan dengan situasi kesehatan Anda.

Amankah minum obat pilek 2 butir sekaligus?

Setelah mengejar obat yang sesuai, pasti butuh sejumlah waktu sampai fenomena tersebut hilang dari tubuh dan Anda ditetapkan sembuh. Akan tetapi, proses pengobatan ini pasti saja berbeda-beda pada masing-masing orang.

Ada yang melulu minum obat pilek sekitar 2-3 hari langsung pulih, namun ada pun yang mesti meminumnya berkali-kali selama sejumlah hari hingga sembuh total. Meski begitu, ini bukanlah dalil bagi Anda guna minum obat pereda pilek hingga 2 butir atau lebih sekaligus supaya cepat sembuh.

Pasalnya, setiap obat mempunyai aturan dan takaran minum yang mesti dipatuhi oleh pemakainya, tergolong obat pilek. Terlalu tidak sedikit minum obat pilek berisiko memunculkan efek buruk pada kesehatan Anda, dilansir dari Very Well Health.

Lebih dari itu, sejumlah kandungan obat bahkan bisa merusak faedah organ tubuh Anda. Ya, ini dapat terjadi misalnya saat Anda minum terlalu tidak sedikit obat acetaminophen sekaligus atau dalam jangka masa-masa lama. Obat tersebut dapat mengganggu faedah hati.

Hal ini juga berlaku untuk seluruh jenis obat lainnya. Jadi, pastikan kita minum obat pilek sesuai tuntunan pemakaiannya.

Perhatikan urusan ini sebelum minum obat pilek
Jangan asal minum obat pilek, ada sejumlah hal urgen yang mesti kita cermati terlebih dahulu, seperti:

1. Baca faedah pada label kemasan obat

Kenali jenis penyakit pilek yang kita alami, apakah melulu pilek saja, disertai dengan bersin-bersin, batuk kering, atau batuk berdahak. Memahami situasi tersebut bisa mempermudah kita dalam memilih jenis obat pilek yang sesuai.

Perhatikan juga faedah obat yang tercantum di label kemasan. Setiap obat seringkali akan dilengkapi dengan destinasi konsumsinya. Jika masih ragu, tanyakan lebih lanjut dengan dokter atau apoteker yang melayani Anda.

2. Baca takaran dan aturan minum obat

Pastikan kita mematuhi ajakan konsumsi obat pada label kemasan, atau ikuti cocok saran dokter dan apoteker. Hindari minum obat pereda flu melebihi jumlah yang dianjurkan dan teratur minum obat tepat waktu untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Sesuaikan dengan situasi tubuh

Beberapa jenis obat barangkali mempunyai efek samping yang berbeda. Jika kita memiliki situasi kesehatan tertentu, laksana tekanan darah tinggi, jantung berdebar-debar, dan beda sebagainya, konsultasikan dengan dokter tentang jenis obat yang sesuai untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Bolehkah Minum Obat Pilek Dua Butir Sekaligus Agar Cepat Sembuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel