Dilarang di Pesawat, Ini Tips guna Pengguna Power Bank


Ketika berlibur tentunya masing-masing orang bakal mempersiapkan dan mengepak segala sesuatu urusan yang dibutuhkan. Mulai dari busana sampai peralatan elektronik. Rasanya power bank ialah salah satu perangkat elektronik yang tak luput dari bawaan semua wisatawan.

Namun, baru-baru ini Direktorat Jenderal Perhubungan Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menata soal peraturan power bank yang boleh diangkut ke dalam pesawat dalam SE Nomor 015 Tahun 2018.

Ketentuan itu dikeluarkan guna mengkhususkan keselamatan dalam penerbangan. Oleh karena itu, ada sejumlah hal yang mesti kita ketahui sebagai berikut sebelum liburan membawa alat elektronik ke pesawat.

1. Ketahui ketentuannya

Ada peraturan soal power bank mana yang dapat dibawa ke dalam pesawat atau bagasi kabin. Alat elektronik atau power bank yang dapat dibawa sampai dalam pesawat melulu power bank yang mempunyai daya per jam tidak lebih dari 100 Wh.

Untuk perlengkapan dengan daya perjamnya antara 100 Wh sampai 160 Wh mesti melewati persetujuan maskapai. Sementara itu, perlengkapan yang dayanya lebih dari 160 Wh tidak dapat masuk ke dalam pesawat.

2. Jangan pakai power bank di dalam penerbangan

Dari peraturan Dirjen Perhubugan Udara diuraikan pula bahwa power bank atau baterai lithium cadangan yang diangkut ke pesawat tidak boleh dipakai saat penerbangan. Dalam artian tidak terhubung dengan perlengkapan elektronik beda atau penumpang tidak mengerjakan pengisian daya ulang.

Tidak melulu pada baterai ponsel, usahakan tak kerjakan pengisian ulang guna baterai kamera memakai power bank di pesawat.

3. Pengisian daya sebelum keberangkatan

Agar penerbangan lebih aman, maka usahakan ikuti peraturan yang sudah ditetapkan. Sebelum embarkasi usahakan isi baterai ponsel sampai penuh.

Namun, bilamana saat di bandara baterai ponsel terlihat bakal habis, usahakan mengerjakan pengisian daya ulang atau charge ponsel di bandara atau juga ruang boarding.

4. Bisa pengisian daya pada in flight entertainment

Beberapa maskapai mempunyai pesawat yang meluangkan usb port guna pengisian daya ponsel atau perangkat elektronik lainnya. Oleh karena itu, usahakan kita menggunakan kemudahan ini ketimbang mengerjakan pengisian daya memakai power bank ketika penerbangan.

Jangan tak sempat untuk membawa kabel usb karena seringkali hanya dapat digunakan guna kabel tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Dilarang di Pesawat, Ini Tips guna Pengguna Power Bank"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel