Yuk, Kenali Dengan Mudah Gejala Umum Karsinoma Sel Basah!

Sumber: Klikdokter.com
Dalam masyarakat, pasti masih banyak yang tidak mengetahui jenis penyakit ini. Karsinoma sel basah adalah nama dari sebuah jenis kanker kulit. Menurut halaman Halodoc, karsinoma sel basah merupakan kanker kulit yang ditandai dengan adanya benjolan yang dapat bertambah besar seiring berjalan waktu. Benjolan ini juga mudah berdarah tapi tidak menimbulkan rasa nyeri. Biasanya benjolan akan muncul pada area yang sering terkena paparan sinar matahari. Nah, sudah tahu secara sekilas mengenai karsinoma sel basah, bukan? Selanjutnya akan membahas mengenai gejala umum karsinoma sel basah. 

Menurut sumber Alodokter, gejala umum karsinoma sel basah adalah timbulnya benjolan yang berwarna merah muda, cokelat dan hitam di mana benjolan ini mudah berdarah tapi tidak memberikan rasa nyeri. Biasanya area tubuh yang akan terkena benjolan adalah leher, wajah, dan tangan. 

Selain itu, gejala umum karsinoma sel basah berbeda pada setiap orangnya. Ada yang tampak seperti luka goresan, warnanya putih, dan lembut tapi tanpa tepi luka yang jelas. Ada juga yang gejalanya berupa ruam datar berwarna kemerahan dan bersisik. 

Penyebab terjadinya karsinoma sel basah adalah sering terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama dan adanya kelainan pada DNA sel basah sehingga membentuk sel kanker pada kulit. Beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang berpotensi mengalami karsinoma sel basah, antara lain: 
  • Terkena atau terpapar racun arsenik. 
  • Riwayat anggota keluarga dengan penyakit karsinoma sel basah. 
  • Berusia di atas 50 tahun. 
  • Pernah menjalani terapi radiasi. 
  • Memiliki penyakit turunan nevoid basal cell carcinoma syndrome. 

Karsinoma sel basah ternyata juga bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Berikut ulasannya! 

1. Penyebaran Kanker. 

Karsinoma sel basah dapat mengakibatkan penyebaran kanker dan merusak organ tubuh seperti pembuluh darah, tulang, dan otot. 

2. Karsinoma Sel Basah Kambuh. 

Ternyata penyakit karsinoma sel basah bisa kembali kambuh. Hal ini sering terjadi dan gejala yang timbul terjadi pada lokasi yang sama. 

3. Kanker Kulit Jenis Lain. 

Selain itu, karsinoma sel basah bisa menimbulkan kanker kulit jenis lain, seperti karsinoma sel skuamosa atau melanoma. 

Ada beberapa pengobatan untuk mengobati karsinoma sel basah. Berikut penjelasannya! 

1. Operasi Mohs. 

Operasi atau pembedahan mohs dilakukan untuk mengatasi karsinoma sel basah yang kembali kambuh. Bisa juga metode ini dilakukan jika benjolan terdapat di wajah dan berukuran besar. Biasanya dokter akan mengangkat lapisan sel yang bermasalah selapis demi selapis dan setiap lapisnya akan diperiksa untuk memastikan jika tidak ada sel kanker kulit yang masih tertinggal. 

2. Krioterapi. 

Metode ini dilakukan dengan menggunakan cairan khusus yang mengandung unsur nitrogen. Cairan tersebut akan membekukan dan membunuh sel kanker. Biasanya metode ini dilakukan pada sel kanker yang tipis dan tidak terlalu dalam pada kulit. 

3. Pemotongan. 

Metode pemotongan dengan menggunakan pisau bedah dilakukan jika sel kanker tergolong besar. Pemotongan ini dilakukan dengan memotong sel kanker dan sekitarnya. 

4. Elektrodesikasi dan Kuretase. 

Metode ini biasanya dilakukan untuk mengatasi sel kanker yang berukuran kecil di mana dokter akan memotong jaringan kanker yang ada pada kulit, mengendalikan pendarahan yang ada, dan membunuh sel kanker yang masih tersisa dengan jarum elektrik khusus. 

Itulah penjelasan singkat mengenai gejala umum karsinoma sel basah beserta komplikasi dan cara mengobatinya. Yuk, jaga permukaan kulit dari paparan sinar matahari.

Belum ada Komentar untuk "Yuk, Kenali Dengan Mudah Gejala Umum Karsinoma Sel Basah!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel