4 Tips Menyimpan dan Menjaga Kualitas ASI Saat Bepergian

4-Tips-Menyimpan-dan-Menjaga-Kualitas-ASI-Saat-Bepergian

ASI merupakan makanan pokok bagi bayi yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan perkembangan tubuhnya. Setiap ibu pasti menginginkan anaknya bisa tetap mendapatkan asupan ASI yang cukup hingga ia berusia dua tahun. Untuk bisa selalu memberikan ASI yang cukup, para ibu selalu mengusahakan berbagai hal agar si kecil bisa tetap mendapatkan ASI, termasuk ketika harus melakukan suatu perjalanan. Beruntungnya kini ada cooler bag Gabag yang bisa membuat Anda lebih mudah untuk menyimpan dan membawa ASI dalam perjalanan. 

Menjaga Kualitas ASI Saat Bepergian 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan stok ASI ketika Anda akan bepergian atau melakukan perjalanan dan jauh dari si kecil. 

1. Sesuaikan dengan frekuensi menyusui si kecil 

Meskipun Anda sedang berada di perjalanan dan jauh dari anak Anda, sebaiknya Anda tetap memompa ASI Anda sesuai dengan jadwal menyusui anak Anda biasanya. Anda bisa mulai memompa sebelum Anda berangkat, kemudian menyesuaikan dengan jadwal Anda biasanya menyusui. 

Misalnya anak Anda biasa menyusui setiap dua jam sekali, maka meskipun sedang berada di perjalanan dan tidak menyusui si kecil, Anda tetap harus memerah ASI Anda setiap dua jam sekali. Selain berguna untuk memerah stok ASI yang bisa diberikan pada anak Anda nantinya, hal ini juga penting dilakukan untuk tetap menjaga kualitas ASI Anda. 

2. Membawa set pompa cadangan 

Untuk memerah ASI, Anda tentu membutuhkan pompa ASI. Pompa ASI ini juga perlu dijaga kebersihannya agar tidak merusak kualitas ASI yang diperah. Untuk menjaga agar pompa tetap steril, ada baiknya Anda membawa beberapa pompa cadangan sehingga tidak menggunakan pompa yang sama untuk beberapa kali memerah. 

Pompa yang sudah terlalu sering digunakan dan tidak langsung dicuci beresiko sudah tidak steril sehingga bisa merusak kualitas ASI. Namun jika Anda merasa tidak praktis kalau harus membawa banyak pompa, Anda bisa mengakalinya dengan langsung menyimpan pompa di cooler bag setiap kali selesai memerah. 

3. Menggunakan cooler bag yang berkualitas 

Peralatan yang paling penting untuk dibawa oleh ibu menyusui saat bepergian adalah cooler bag. Dengan cooler bag, Anda bisa menjaga ASI hasil perahan bisa tetap terjaga kualitasnya dalam waktu yang cukup lama. 

Pastikan ice gel yang ada didalamnya cukup untuk membuat ASI hasil perahan Anda bisa tetap dingin hingga Anda selesai melakukan perjalanan. Untuk itu Anda perlu memilih cooler bag yang berkualitas seperti cooler bag Gabag yang memiliki banyak varian model dan ukuran sesuai kebutuhan Anda. 

4. Menggunakan kantong plastik ASIP agar lebih praktis 

Hasil ASI yang berhasil Anda perah bisa Anda simpan di cooler bag dengan menggunakan botol kaca atau botol plastik. Namun menggunakan dan membawa botol terlebih botol kaca dalam perjalanan nampaknya bukanlah suatu hal yang praktis. 

Agar lebih praktis, Anda lebih baik menggunakan kantong plastik khusus ASIP sehingga lebih praktis, mudah, dan menghemat ruang ketika disimpan. Anda juga tidak perlu khawatir dengan keamanannya karena kantong plastik khusus ASIP ini sudah steril dan juga BPA free. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ibu menyusui melakukan perjalanan yang membuatnya harus jauh dari si kecil. Selalu bawa cooler bag dengan kualitas yang bagus seperti cooler bag Gabag agar Anda bisa tetap menyimpan ASI untuk anak meskipun Anda sedang berada di perjalanan. 

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Menyimpan dan Menjaga Kualitas ASI Saat Bepergian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel